Sekolah Literasi Digital Kampung Pemulung TPAS Puuwatu

Sekolah Literasi Digital Kampung Pemulung TPAS Puuwatu

86 86 people viewed this event.

Sekolah Literasi Digital TPAS Puuwatu

Setiap Minggu, sekitar 60 anak dari Kampung Pemulung Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu, selalu berkumpul dan belajar bersama relawan Gerakan Kendari Mengajar (GKM), yang merupakan aksi kolaborasi. Salah satu relawan GKM pun turut menjadi bagian dari JaWAra Internet Sehat.

Umumnya, adik-adik di TPAS Puuwatu berusia 3-15 tahun, sudah mulai mengenal dan menggunakan media digital seperti handphone.  Tujuan dari pembelajaran ini adalah melakukan tindakan preventif sedini mungkin pada anak-anak agar terpapar dari kejahatan digital dan meningkatkan pemahaman literasi digital. Rencana Program Pembalajaran yang dibuat oleh Ripay Tohamba (JaWAra Internet Sehat 2022 Sulawesi Tenggara) disusun berdasarkan jenjang usia dan kemampuan adik-adik. Sebanyak 60 adik dibagi dalam 4 kelas, yaitu Kelas Cilik 3-5 tahun, kelas kecil 6-10 tahun, kelas sedang 10-12 tahun, dan kelas remaja 12-15 tahun.

Setiap pekannya,  di tanah yang lapang kami saling beradu dengan debu dan suara bising truk pengangkut sampah, meski belajar hanya beralaskan baliho bekas, tidak jua menyurutkan semangat relawan dan antusias adik-adik untuk belajar.

Adik-adik belajar pilar literasi digital dengan beragam media, mulai dari dongeng, read aloud, menonton video literasi digital, bermain puzzle literasi digital, games mengindentifikasi informasi palsu, games menentukan pilar literasi digital hingga bermain peran dalam memanfaatkan media sosial.

Kampung Pemulung TPAS Puuwatu yang terletak di kota Kendari merupakan tempat di mana seluruh sampah dari penjuru kota berakhir di tempat ini. Adik-adik di TPAS Puuwatu memiliki indeks literasi yang rendah, beberapa adik tidak lagi bersekolah dan membantu orang tua menjadi pemulung.

Permasalahan lain adalah, adik-adik yang kini beranjak remaja mulai menggunakan handphone secara berlebih. Gerakan Kendari Mengajar dan JaWAra Internet Sehat hadir sebagai bentuk Tindakan kecil guna meningkatkan literasi dan kecakapan digital anak Kampung Pemulung TPAS Puuwatu. Pengajaran ini masih berlangsung hingga pekan kedua Agustus 2022.

To register for this event please visit the following URL:

 

Date And Time

18-06-22 @ 15:00 to
15-08-22 @ 17:30
 

Event Category

Share With Friends