Jawara Bekali Pelajar SMKN 1 Manggar Beltim

Jawara Bekali Pelajar SMKN 1 Manggar Beltim

Riset Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menemukan bahwa 98 persen dari anak-anak dan remaja tahu tentang internet dan 79,5 persen diantaranya adalah pengguna internet. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa pelajar merupakan kategori pengguna terbesar dalam era digital. 

Pelajar begitu dekat dengan teknologi internet. Mereka malah lebih banyak menghabiskan waktunya karena akses internet kian mudah dilakukan dengan menggunakan smartphone. Dibalik pemanfaatan internet untuk membantu tugas sekolah, ada risiko tersembunyi jika pelajar tak memahami bagaimana menjaga privasi dan mengelola informasi yang ada pada genggamannya. Karena itu Desty Yani dan Septialioni, Jawara InternetSehat Bangka-Belitung memberikan literasi digital terkait isu etika dan keamanan di era digital.

Program yang digelar pada 10 November 2021 itu merupakan kerja sama dengan Diskominfo Provinsi Bangka Belitung sebagai penyedia dana Narasumber, RTIK Belitung Timur sebagai Narasumber, Diskominfo Kab. Beltim sebagai mediator dan SMK N 1 Manggar sebagai peserta.

Program Jawara Internet Sehat yang dilaksanakan di SMK N 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur, dapat memberikan informasi terkait literasi digital khususnya tentang etika dan keamanan digital bagi pelajar. (mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *