Web Analytics Made Easy - Statcounter
Edukasi Literasi Digital : Bekal Anak KKN di Kampung Halaman - jaWAra Internet Sehat

Ria M Fasha dan Khairiah El Marwiah | jaWAra InternetSehat Bengkulu

Kegiatan ini benar-benar impactful. Zaman sekarang orang bisa dengan mudah percaya dengan link phising berhadiah ratusan juta harus ikut workshop seperti ini. Ilmu yang bermanfaat.

Kegiatan ini menjadi bekal kami sebagai mahasiswa KKN untuk ikut mengedukasi masyarakat di tempat KKN agar menjadi masyarakat anti hoaks serta bisa mengamankan privasi.

Seteleh mencoba tools di s.id/jagaprivasi saya makin aware dengan privasi. Tapi alhamdulillahnya setelah saya coba cek kekuatan password saya di tools ini, hasilnya very strong. Tools di s.id/jagaprivasi sangat bemanfaat

Setidaknya, itulah kesan yang dirasakan oleh mahasiswa yang mengikuti kegitan Maroba Ite Sadar Ngen Digital yang digelar oleh jaWAra Internet Sehat Bengkulu.

Maroba Ite Sadar Ngen Digital” (Ayo Kita Sadar Digital) adalah program roadhsow jaWAra Internet Sehat Bengkulu di Kabupaten Rejang Lebong. Sebuah kolaborasi bersama Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan Pemerintah Daerah Rejang Lebong dalam mengedukasi masyarakat Rejang Lebong terkait isu hoaks dan keamanan digital. Edukasi masyarakat ini sesuai dengan tujuan KKN 2022 untuk membangun kampung halaman.

Cerita dimulai dari keberangkatan para Tim JaWAra Internet Sehat Part 1 (Kak Ria M Fasha dan Kak Khairiah El Marwiah) bersama Tim UMB pada tanggal 09 Agustus 2022 pukul 07.00. Mereka lebih awal berangkat karena ada briefing bersama mahasiswa UMB. Setelah itu menyusul Tim JaWAra Internet Sehat Part 2, Mas Ahmad Kumaedi bersama Program Manager JaWAra Internet Sehat yaitu Mas Khusnul Aflah. Mereka berangkat pada pukul 15.00 WIB karena naik travel. Esoknya, 10 Agustus 2022 Kegiatan Workshop “Maroba Ite Sadar Ngen Digital” dilaksanakan.

Kegiatan ini dibagi 2 sesi. Sesi pertama adalah pelepasan mahasiswa KKN UMB di Kabupaten Rejang Lebong. Hadir sebagai pemberi Kata Sambutan ada Bapak Bupati Rejang Lebong ( Drs. H. Syamsul Effendi), Wakil DPD-RI (H. Sultan B.Najamuddin, S.Sos., M.Si), Rektor Univesitas Muhammadiyah Bengkulu (Drs. H. Syamsul Effendi). Kegiatan ini ditutup dengan pemberian piagam sertifikat dari JaWAra Internet Sehat kepada mitra kolaborasi yang diberikan langsung oleh Mas Khusnul Aflah (Program Manager JaWAra Internet Sehat) sebagai bentuk apresisasi.

Setelah pelepasan dilanjutkan workshop bersama JaWAra Internet Sehat yang membahas 2 isu utama Hoaks dan Keamanan Digital. Mas Khusnul Aflah bertindak sebagai narasumer memberikan materi berupa praktik menggunakan tools di https://s.id/jagaprivasi. Semua poin dibahas secara tuntas. Mahasiswa nampak antusias menyimak paparan dari Mas Khusnul Aflah.

Selama workshop berlangsung banyak pula dari mahasiswa yang bercerita tentang kejadian akun yang dibobol, maraknya hoaks di dunia maya, dan korban phising. Antusias Mahasiswa ini ditambah dengan pemaparan materi dari Wakil Ketua DPD RI (Wakil DPD-RI (H. Sultan B.Najamuddin, S.Sos., M.Si) secara Daring. Dalam pemaparan materi tersebut beliau menekankan bawah di zaman teknologi ini mahasiswa harus kreatif dan kerja cerdas. Semakin pesat teknologi, maka semakin canggih pula ilmu yang harus kita miliki.