Web Analytics Made Easy - Statcounter
Edukasi Hoaks di Festival Literasi Digital Desa Rarang Tengah - jaWAra Internet Sehat

Lalu Mohamad Johandi adalah JaWAra Internet Sehat Nusa Tenggara Barat. Ia mengunjungi Desa Rarang Tengah untuk mengedukasi masyarakat mengenai hoaks dan keamanan transaksi digital. Kegiatan berbentuk Seminar dan Talkshow yang bertajuk Festival Literasi Digital 2022 ini melibatkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten, UMKM BUMDes Se Kecamatan Terara, dan PKK Kecamatan Terara.

Kondisi masyarakat di pedesaan sangat rentan terhadap penipuan dan penyalahgunaan data pribadi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, hoaks sering tersebar dari kampung ke kampung melalui media sosial. Hal inilah yang melatarbelakangi Lalu M Johandi sebagai JaWAra Internet Sehat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Rarang Tengah, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur pada tanggal 28 Juli 2022. 

Sesi pertama festival literasi digital ini dibuka dengan pelepasan burung merpati yang dihadiri oleh para pecinta burung merpati di 3 kecamatan (Kecamatan Terara, Sikur, Montong Gading) dengan peserta lebih dari 600 orang. 

Selanjutnya sesi kedua diisi dengan seminar yang dibuka langsung oleh kepala Desa Rarang Tengah. Saat membuka kegiatan, Kepala Desa Rarang Tengah mengajak masyarakat untuk bersama sama menjaga desa tercinta terutama dari maraknya penipuan yang dilakukan oleh orang -orang yang tidak dikenal mengatasnamakan pemerintah desa. Ia juga mengajak masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial agar tak mudah terpancing berita bohong atau hoaks.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Terara, Kapolsek Terara, Danramil Terara dan Ketua Karang Taruna Lalu Hulfian, S.Pd. M.Pd sebagai pemateri yang akan berbagi tips menghindari berita hoaks dan tips aman bertransaksi secara online.

Dalam kesempatan tersebut, Lalu Hulfian selaku Ketua Karang Taruna mengajak anggota karang taruna untuk turut mengambil bagian dan memberikan aksi nyata dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat. Sedangkan dari pemateri TNI dan Polri banyak membahas tentang UU ITE sehingga masyarakat lebih teredukasi.

Para peserta menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan. Salah satunya adalah Habibah Alimi yang menyampaikan terima kasih karena tema yang disampaikan sangat sesuai dengan kondisi masyarakat terutama generasi muda yang dalam kesehariannya selalu menggunakan sosial media dan aplikasi lainnya untuk berbelanja online. (ria)