Web Analytics Made Easy - Statcounter
Cerita Tentang Berteman Aman dari Pelajar Sungai Selan - jaWAra Internet Sehat

Desty Yani dan Rama Saktriawindarta, JaWAra Internet Sehat Bangka Belitung, menceritakan serunya pengalaman mereka memberikan edukasi literasi digital, termasuk tentang bagaimana berteman aman pada pelajar dan guru di dua sekolah di Sungai Selan.

Ketika kita semua dimudahkan dengan akses internet cepat dan stabil, pernahkah terbayangkan bahwa di luar sana masih ada titik-titik lokasi sekolah yang ingin hal yang sama? Ya, sekolah yang dikunjungi Desty dan Rama termasuk diantaranya, yakni SMP Negeri 1 Atap Sungai Selan dan SD Negeri 21 Sungai Selan. Sekolah yang berada di ujung kecamatan yang berbatasan dengan Sungai Selan. Di mana jaringan internetnya tidak stabil, namun masyarakat masih memaksimalkan aktivitas serta pencarian informasinya melalui internet.

Bertempat di gedung sekolah SMP Negeri 1 Atap Sungai Selan dan SD Negeri 21 Sungai Selan, 7 Oktober 2022, duet JaWAra Internet Sehat Bangka Belitung Tahun 2021 dan 2022 tersebut menyampaikan materi terkait perlindungan anak di era digital serta cyberbullying pada sebanyak 75 orang peserta yang hadir. Dari sisi para pelajar, diberikan edukasi tentang bagaimana berteman aman. Bahwa, betapa internet mampu membuat mereka mengenal siapa saja, berteman dengan siapa saja dari daerah berbeda. Namun, mereka tetap perlu memahami bahwa penting untuk melindungi data pribadi, menjaga etika di dunia maya, serta mengatur waktu sehingga tidak kecanduan internet.

Baik siswa maupun guru, sama-sama antusias menyimak paparan materi yang disampaikan. Berlanjut pada sesi diskusi, pelajar pun aktif ketika diajak membahas tentang game online yang mereka sukai. Sementara dari sisi dewan guru, terdapat sejumlah keluhan terkait siswa-siswinya yang masih susah memisahkan diri dari penggunaan smartphone dan akses internet.

Lewat edukasi yang disampaikan oleh dua JaWAra Internet Sehat Bangka Belitung, Desty dan Rama, para pelajar di dua sekolah tersebut diajak untuk tetap bijak menggunakan internet. Memanfaatkan internet dengan baik, menjunjung pentingnya berteman aman di dunia maya, sehingga apa yang mereka lakukan dapat memberikan dampak yang baik pula dalam kehidupan.

Kepala SMP Negeri 1 Atap Sungai Selan, Ibu Hastri, menyambut baik kegiatan positif yang dilakukan di sekolah yang dipimpinnya ini. Harapannya, kelak bisa terus berkolaborasi dengan gerakan baik seperti JaWAra Internet Sehat Bangka Belitung, sehingga tercipta lingkungan sekolah dengan pelajar maupun guru yang cakap digital. (ah)