Web Analytics Made Easy - Statcounter
Catatan dari Gelaran Talkshow Kalteng Teredukasi Digital - jaWAra Internet Sehat

Ahmad Saputra, JaWAra Internet Sehat Kalimantan Tengah membuktikan bahwa edukasi literasi digital adalah kerja bersama banyak pihak. Lewat kolaborasi dengan sejumlah mitra, digelarlah Talkshow Kalteng Teredukasi Digital yang berjalan lancar.

Maraknya kasus kejahatan di dunia digital belakangan ini, khususnya terkait keamanan digital, membuat kita harus kembali memahami bagaimana melindungi data pribadi. Masyarakat kembali diajak untuk mewaspadai kejahatan digital yang kerap terjadi dan membahayakan bocornya data pribadi.

Kondisi tersebut yang kemudian melandasi digelarnya Talkshow Kalteng Teredukasi Digital, yang merupakan kerja sama dari sejumlah pihak. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat Kalimantan Tengah dalam literasi digital, sehingga masyarakat bisa mempelajari bagaimana melindungi data pribadi, dan terhindar dari kejahatan-kejahatan di dunia digital. Tercatat sebanyak 32 orang peserta hadir pada 30 Oktober 2022 lalu, bertempat di Hotel Neo Palma Palangkaraya.

Kolaborasi antara JaWAra Internet Sehat Kalimantan Tengah bersama sejumlah pihak, yakni: Telkomsel, Narai Coder, BEM UPR, FIM Palangka Raya, MITI KM, dan Diskominfo Kalteng, tersebut merupakan langkah yang tepat. Mengingat edukasi literasi digital untuk melahirkan masyarakat yang cakap digital tidaklah dapat dikerjakan sendiri, melainkan sebuah langkah bersama yang melibatkan banyak pihak.

Talkshow Kalteng Teredukasi Digital berisi sejumlah paparan materi yang memberikan pemahaman literasi digital kepada para pesertanya. Dimulai dari pengenal tentang apa itu JaWAra Internet Sehat dari Ahmad Saputra, selaku JaWAra Internet Sehat terpilih dari Kalimantan Tengah. Dipaparkan pula bahwa JaWAra Internet Sehat merupakan perpanjangan tangan dari program-program kolaborasi ICT Watch dan WhatsApp yang diinisiasi oleh para pemuda di sejumlah daerah di Indonesia.

Selanjutnya materi dilanjutkan oleh perwakilan Diskominfo Kalteng, Bapak Agus Siswadi yang memaparkan tentang pentingnya edukasi literasi digital, fokus pada pengembangan masyarakat agar dapat menikmati kehidupan yang berkualitas tinggi dengan menggabungkan manfaat teknologi canggih di berbagai industri dan kegiatan sosial. Sehingga mendorong inovasi untuk menciptakan nilai baru. Menutup acara, materi diisi oleh Rahmadhani Novianjaya dari Narai Coder yang menjelaskan segala hal tentang hacker, dan Citra Pebriani selaku perwakilan Telkomsel, yang membahas apa saja yang termasuk keterampilan digital.

Demikianlah catatan dari digelarnya Talkshow Kalteng Teredukasi Digital. Semoga layaknya judul acara tersebut, masyarakat Kalimantan Tengah dapat teredukasi literasi digital dengan baik, dan terhindar dari segala kejahatan dunia digital. (and)