Cari Perhatian ke Calon Pembeli Lewat Foto Produk

Cari Perhatian ke Calon Pembeli Lewat Foto Produk

Foto memperkuat kata-kata. Bahkan, ada juga yang bilang biarkan gambar itu berbicara. Tak hanya foto jurnalistik, tapi ternyata foto produk juga punya kekuatan powerful. Foto menjadi elemen penting untuk meyakinkan calon pembeli. 

Foto produk menjadi bagian yang penting dalam berjualan, khususnya di kalangan UMKM. Mengetahui roda ekonomi sempat terhambat di tengah pandemi dan kini mulai bangkit, JaWAra Internet Sehat perwakilan Jawa Tengah tergerak untuk memberi pengetahuan seputar trik foto produk untuk UMKM.

Ialah Much. Rifqi Maulana dan Istifaroh, JaWAra Internet Sehat yang memberikan workshop tentang Privasi Digital dan Optimalisasi Media Sosial untuk Digital Marketing di Kabupaten Pekalongan, Batang, dan Pemalang, pada 23 Oktober 2021.

Tak perlu kamera profesional, mereka mengajarkan teknik fotografi dengan menggunakan smartphone atau smartography. Terdapat 45 partisipan yang terdiri dari mahasiswa, komunitas, UMKM, dan orangtua yang antusias mengikuti pelatihan ini.

Di samping itu, peserta juga dibekali tentang memanfaatkan WhatsApp Business dan Instagram untuk mengoptimalkan bisnis mereka.

Program ini berjalan dengan lancar dan materi yang dipaparkan mendapat sambutan baik dari peserta karena menjadi kebutuhan yang diaplikasikan ketika mereka berbisnis.

“Alhamdulillah program ini berjalan dengan baik, peserta sangat antusias mengikuti program ini khususnya pada saat workshop singkat membuat foto produk dengan smartphone. Untuk program berikutnya mungkin akan diberikan waktu yang lebih banyak untuk materi terkait pengembangan skill dan kemampuan peserta,” ungkap Istifaroh.

Sebagai JaWAra Internet Sehat yang aktif menyelenggarakan workshop, mereka berdua melihat dampak positif yang dirasakan peserta. Mereka mampu menggunakan media sosial, khususnya tambahan skill tentang fotografi.

Mereka berharap program seperti ini dapat berlanjut untuk membuat UMKM lokal lebih berdaya secara digital. (ma/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *