Web Analytics Made Easy - Statcounter
Berteman Aman : Cegah Anak Lakukan Hal Negatif di Internet - jaWAra Internet Sehat

Cristina Setianingrum adalah JaWAra Internet Sehat asal Jawa Tengah yang kali ini mengadakan Roadshow CARICA “Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria” ke-4 di Kecamatan Kejajar. Kegiatan ini dikemas dengan materi dan permainan seru yang menyelipkan pesan agar anak lebih bijak menggunakan internet. 

Cristina dan teman-teman dari Forum Anak Kreatif Wonosobo disambut dengan cuaca yang cerah di Kecamatan Kejajar, lokasi ke-4 Roadshow CARICA. Kecamatan yang dekat dengan Dieng (Negeri di Atas Awan) ini memberi semangat yang sama dengan lokasi-lokasi sebelumnya. Semangat edukasi literasi digital pada anak-anak Wonosobo.

Kegiatan dimulai dengan materi dari Forum Anak Kreatif Wonosobo yang berbagi tentang Informasi Layak Anak, Konvensi Hak Anak dan penjelasan singkat tentang Kabupaten Layak Anak. Tujuan dari pemberian materi ini adalah agar anak & remaja memahami hak dasar & pencegahan Perkawinan Usia Anak (Jo Kawin Bocah). 

Setelah itu ada materi tambahan tentang Jogo Konco yang merupakan website inisiasi dari Forum Anak Jawa Tengah bersama Dinas Perempuan & Anak sebagai wadah komunikasi dan kreasi bagi anak Jawa Tengah. Jogo Konco terdiri dari 4 Aspek yaitu Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya & Perlindungan Anak. 

Anak-anak di Jawa Tengah bisa mengoptimalkan peran 2P (Pelopor & Pelapor) melalui platform Jogo Konco ini. Registrasi yang dilakukan juga mudah, memasukkan beberapa data seperti nama, sekolah, usia. Platform Jogo Konco juga bisa menjadi tempat curhat aman untuk anak.

Materi selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu mengenai Data Pribadi Digital yang dibawakan oleh Diskominfo Wonosobo. Pada kesempatan ini dipaparkan fakta bahwa di Indonesia rata-rata masyarakat menghabiskan waktu selama 8 jam 36 menit mengakses internet, yang mana 89,1% nya untuk mengakses media sosial. 

Oleh karena itu, Cristina sebagai JaWAra Internet Sehat berbagi materi mengenai #BertemanAman & Sharenting. Menurutnya campaign ini sangat penting untuk memberi pemahaman kepada anak-anak agar mampu mencegah mereka melakukan hal-hal negatif di dunia digital. Selain itu, anak-anak juga wajib mengetahui cara menjaga data dan privasi mereka seperti foto yang di unggah oleh keluarga di media sosial.

Semoga dengan banyaknya edukasi literasi digital kepada anak-anak yang dilakukan oleh JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah dapat meningkatkan kecakapan literasi digital di Wonosobo. (ria)