Berantas Hoaks yang Masuk ke Desa Terak

Berantas Hoaks yang Masuk ke Desa Terak

Akses internet bukan lagi masalah saat ini. Hampir setiap orang saat ini memiliki smartphone untuk beraktivitas. Begitu pun dengan media sosial dan aplikasi penyampaian pesan, hampir setiap orang yang memiliki smartphone punya akun media sosial dan aplikasi perpesanan.

Banyak hal positif dengan semakin mudahnya akses berinternet namun bukan berarti bebas dari hal negatif. Isu yang sangat ramai belakangan ini adalah penyebaran hoaks dan pelanggaran data pribadi, seperti pinjaman online ilegal dan berbagai penipuan. 

Bukan cuma teknologinya, ternyata sebaran hoaks dan penipuan online juga sampai ke segala wilayah, termasuk di Desa Terak. Boleh jadi pembuat hoaknya berada di kota besar, namun kontennya meruak ke desa-desa.

Untuk meningkatkan kewaspadaan warga tentang bahaya hoaks dan pentingnya melindungi data pribadi, Desty Yani dan Septialioni, jaWAra InternetSehat di Bangka-Belitung rajin melakukan kegiatan literasi digital. 

Bekerjasama dengan Diskominfo Prov. Babel dan Pemerintah Desa Terak, keduanya menggelar workshop “Peluang dan Tantangan Digital Bagi Masyarakat Desa Terak” pada 16 Oktober 2021. Respons positif ditunjukkan oleh peserta karena merasa apa yang disampaikan oleh para jaWAra sesuai dengan apa yang mereka alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *